MAKALAH
CRM (Customer
Relationship Management)
DAN
ERP (Enterprise Resource Planning )
Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat kelulusan
Mata Kuliah
Manajemen Proyek
Dosen : Helmi.S.T
Disusun oleh :
Miftahuddin Al-Aziz 12.14.1.0071
Kelas TIF-C
TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
MAJALENGKA
2014
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim. Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan
rahmat-nya sehingga laporan ini
dapat terselesaikan.
Untuk itu penulis sampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberi
motivasi dan dorongan dalam penyelesaian makalah ini.
Penulis menyadari, isi maupun cara penyampaian makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari para membaca sehingga penulis bisa mengembangangkan makalah ini menjadi lebih baik.
Majalengka, Februari 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
........................................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah
...................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Definisi CRM secara umum ........................................................................................ 3
2.1. Definisi CRM secara umum ........................................................................................ 3
2.2. Fungsi – fungsi CRM ................................................................................................. 4
2.3. Tujuan CRM ............................................................................................................... 5
2.4. Aspek dalam CRM ...................................................................................................... 5
2.5. Keuntungan CRM
........................................................................................................ 5
2.6. Implementasi CRM ..................................................................................................... 6
2.7. Jenis/Varian
................................................................................................................. 6
2.8. Operasiaonal CRM
..................................................................................................... 6
2.9. Analytical CRM
......................................................................................................... 7
2.10. Penjualan Intelijen CRM
........................................................................................... 8
2.11. Collaborative CRM
................................................................................................... 8
2.12. Konsumen Relationship CRM
.................................................................................. 8
2.13. Pengertian ERP
......................................................................................................... 9
2.14. Konsep Dasar ERP
................................................................................................... 9
2.15. Evolusi Sistem ERP
.................................................................................................. 10
2.16. Tahapan Evolusi ERP
............................................................................................... 10
2.17. Integrasi ERP dalam Organisasi
...............................................................................11
2.18. Manfaat ERP ............................................................................................................. 11
2.19. Implementasi ERP
.................................................................................................... 12
2.20. Keberhasilan dalam implementasi ERP
.................................................................... 12
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
................................................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA
........................................................................................................ 14
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola
hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan
komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan
pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan
memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh
keuntungan yang berkelanjutan.
Hal yang perlu dipahami adalah bahwa dari luar, pelanggan
yang berinterkasi dengan perusahaan hanya memahami bisnis yang dilakukan oleh
perusahaan sebagai satu entitas, tidak lebih; meskipun pelanggan juga
berinteraksi dengan sejumlah pekerja yang berbeda peran dan departemennya.
Semua itu tetap dianggap sebagai satu kesatuan. Dengan CRM, dukungan pada
proses bisnis, informasi tentang pelanggan dan interaksinya dapat dimasukkan,
disimpan, diakses oleh semua staf pada berbagai unit kerja dengan tujuan untuk
meningkatkan layanan yang diberikan pada pelanggan, dan menggunakan informasi
kontak pelanggan untuk target pemasaran.
Implementasi CRM akan memberikan dampak manfaat bagi
korporasi seperti akan memungkinkan untuk memperoleh keseimbangan dalam
bagaimana menggunakan sumber daya untuk pemasaran agar mendapat nilai lebih
pada segmen tertentu, meningkatkan interaksi pelanggan yang akan mendukung
pengalaman branding pada pelanggan, mendongkrak produktivitas penualan melalui
pemetaan proses menggunakan teknologi baru, menetapkan tujuan penjualan dan
menentukan reward untuk pencapaiannya, fokus pada gab antara harapan pelanggan
dan pengalaman layanan saat ini, dengan menggunakan alat analisis akan dapat
ditingkatkan pemahaman organisasi tentang pelanggan.
Sistem ERP
didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular. ERP merupakan software yang
mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu
sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari
departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan
Database yang
ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam perusahaan untuk menyimpan dan
mengambil informasi secara real-time.Informasi tersebut harus dapat dipercaya,
dapat diakses dan mudah disebarluaskan.
1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas
maka dapat di rumuskan dengan point-point penting di dalamnya yaitu :
·
Definisi CRM
·
Fungsi CRM
·
Tujuan CRM
·
Keuntungan CRM
·
Implementasi CRM
·
Jenis/variasi CRM
·
Pengertian
ERP
·
Konsep
dasar ERP
·
Evolusi
ERP
·
Manfaat
ERP
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Definisi CRM Secara Umum
Suatu aktivitas yang ditujukan untuk
memperoleh hubungan dengan pelanggan hingga dapat memberikan keuntungan yang
signifikan bagi perusahaan. Customer Relationship Management (CRM) adalah salah
satu alat yang dapat digunakan untuk memenangkan konsumen. Tidak hanya terbatas
pada aplikasi di bidang Teknologi Informasi saja, tapi juga sampai pada bidang
pemasaran.
Pada bagian ini akan dibahas mengenai
konsepsi dan terminologi CRM secara garis besar untuk memberikan informasi
mengenai apa dan bagaimana sistem CRM tersebut. Adapun pokok bahasan akan
melipui : Definisi CRM, Gambaran umum CRM, Kerangka strategis CRM dan Critical
Enabler for CRM bila diterapkan dalam suatu Perusahaan.
Terdapat beragam pendapat dari para
pakar sehubungan dengan pendefinisian CRM yang dapat ditemui pada beberapa
literatur yang ada, diataranya adalah :
1.
Andersen Consulting :
CRM
adalah pendekatan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi, menarik, memperoleh
dan mempertahankan melalui rangkaian terpadu kemampuan.
2.
Carlson Marketing :
CRM
adalah strategi bisnis yang pro-aktif membangun bias atau preferensi untuk
suatu organisasi dengan individu karyawan, saluran dan pelanggan sehingga
meningkatkan daya ingatan dan peningkatan kinerja.
3.
PriceWaterhouse Cooper :
CRM
adalah sebuah perjalanan yang strategis, proses, organisasi dan teknis
perubahan dimana perusahaan berusaha untuk lebih baik dan mengelola perusahaan
sekitar perilaku pelanggan. Entails yang mendapatkan pengetahuan tentang
pelanggan dan deploying informasi ini pada setiap touchpoint untuk mencapai
peningkatan pendapatan dan efisiensi operasional.
4.
Frederic Newell :
CRM
merupakan proses memodifikasi perilaku pelanggan dari waktu ke waktu dan belajar
dari setiap interaksi, mengubah perawatan pelanggan, dan memperkuat ikatan
antara pelanggan dan perusahaan.
2.2.
Fungsi-Fungsi CRM
1. Mengidentifikasi
faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
2. Mengusung falsafah customer-oriented (customer
centric).
3. Mengadopsi pengukuran
berdasarkan sudut pandang pelanggan.
4. Membangun proses ujung ke
ujung dalam melayani pelanggan.
5. Menyediakan dukungan
pelanggan yang sempurna.
6. Menangani keluhan/komplain
pelanggan.
7. Mencatat dan mengikuti
semua aspek dalam penjualan.
8. Membuat informasi holistik
tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.
2.3.
Tujuan CRM
1. Mengenali dan menganalisa
relasi.
2. Mengenali dan menganalisa
pasar.
3. Mengenali dan menganalisa
produk keluaran.
2.4.
Aspek dalam CRM
Banyak aspek yang tercakup dalam
CRM. Aspek tersebut pada umumnya akan berhubungan langsung dengan salah satu
aspek berikut:
- Operasi Front office yang langsung berinteraksi dengan pelanggan seperti ketemu langsung, panggilan telepon, e-mail, layanan online, dll.
- Operasi Back office yang sangat berpengaruh pada aktivitas pada layanan di front office seperti bagian pembayaran, perawatan, perencanaan, pemasaran, dll.
- Hubungan bisnis, yaitu interaksi dengan perusahaan dan rekanan lain seperti suppliers/ vendors, outlet pengecer dan distribusi, jaringan industri. Jaringan eksternal ini akan mendukung aktivitas di front dan back office.
- Data kunci dalam CRM dapat dianalisis dengan tujuan melakukan perencanaan kampanye pada target pemasaran, memahami strategi bisnis, dan memutuskan keberhasilan aktivitas CRM seperti pangsa pasar, karakteristik pelanggan, pendapatan dan keuntungan.
2.5. Keuntungan CRM
CRM membantu perusahaan untuk
mengembangkan produk baru berdasarkan pengetahuan yang lengkap tentang
keinginan pelanggan, dinamika pasar dan pesaing.
Cara
Mendapatkan Keuntungan CRM:
1. Menjaga pelanggan yang sudah
ada.
2. Menarik pelanggan baru.
3. Cross Selling: menjual
produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
4. Upgrading: menawarkan status
pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. Silver card).
5. Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk
menghindari penipuan.
2.6. Implementasi CRM
Faktor Kunci :
1. Orang-orang yang Professional
(kualifikasi memadai),
2. Proses yang didesain dengan baik
3. Teknologi yang memadai (leading-edge
technology).
Tenaga yang professional tidak saja
mengerti bagaimana menghadapi pelanggan tetapi juga mengerti cara menggunakan
teknologi (untuk CRM). Prinsip Dasar Dalam Implementasi e-Customer Relationship
Management :
1. Kebutuhan pelanggan
2. Informasi sebagai aset
berharga
3. Membangun hub. one-to-one dengan
pelanggan
4. Manajemen yang tidak
membingungkan konsumen
5. Rekaman transaksi
yang menunjang peningkatan volume perdagangan
6. BIsa menjangkau
konsumen dimana saja dan kapan saja
2.7. Jenis/Varian
Terdapat beberapa pendekatan untuk CRM,
berbeda dengan paket perangkat lunak yang berfokus pada aspek-aspek yang
berbeda. Secara umum, Customer Service, Manajemen Promosi dan Sales Force Automation
membentuk inti dari sistem (dengan SFA makhluk yang paling populer [kutipan
diperlukan]).
2.8. Operasional
CRM
Operasional CRM memberikan dukungan
kepada "depan kantor" proses bisnis, misalnya untuk penjualan,
pemasaran dan layanan staf. Interaksi dengan pelanggan biasanya disimpan di
pelanggan 'kontak sejarah, dan staf pelanggan dapat mengambil informasi yang
diperlukan.
Riwayat kontak dengan anggota staf
menyediakan akses langsung ke informasi penting pada pelanggan (produk yang
dimiliki, sebelum mendukung panggilan dll), menghilangkan kebutuhan individual
untuk mendapatkan informasi ini secara langsung dari pelanggan. Untuk
menjangkau pelanggan di kanan tepat waktu di tempat yang lebih baik.
Operasional
CRM proses data pelanggan untuk berbagai keperluan:
1.Mengelola promosi
2.Enterprise Marketing Automation
3.Sales Force Automation
4.Penjualan Manajemen Sistem
2.9. Analytical
CRM
Analytical CRM menganalisa data
pelanggan untuk berbagai keperluan:
1. Merancang
dan melaksanakan kampanye pemasaran bertarget
2. Merancang dan melaksanakan
kampanye, e.g. akuisisi pelanggan, cross-selling, up-selling
3. Menganalisa perilaku
pelanggan untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan produk dan layanan
(misalnya harga, pengembangan produk)
4. Manajemen sistem informasi
(misalnya peramalan keuangan dan analisis profitabilitas pelanggan)
Analytical CRM umumnya membuat berat
penggunaan data dan teknik lainnya untuk memproduksi hasil yang berguna untuk
pengambilan keputusan.
2.10. Penjualan
Intelijen CRM
Penjualan Intelijen mirip dengan CRM
Analytical CRM, tetapi yang lebih dimaksudkan sebagai alat bantu penjualan
langsung. Fitur termasuk tanda dikirim ke staf penjualan mengenai:
1.Cross-selling/Up-selling/Switch-selling
kesempatan.
2.Pelanggan
drift.
3.Penjualan
kinerja.
4.Pelanggan
tren.
5.Pelanggan
margin.
6.Pelanggan
alignment.
2.11. Collaborative
CRM
Collaborative CRM mencakup aspek
perusahaan berhubungan dengan pelanggan yang ditangani oleh berbagai departemen
dalam perusahaan, seperti penjualan, dukungan teknis dan pemasaran. Anggota
staf dari berbagai departemen dapat berbagi informasi yang dikumpulkan saat
berinteraksi dengan pelanggan. Sebagai contoh, umpan balik yang diterima oleh
pelanggan dapat memberikan dukungan agen lain anggota staf dengan informasi
mengenai layanan dan fitur yang diminta oleh pelanggan. Collaborative CRM's
ultimate Tujuannya adalah untuk menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh
semua departemen untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh
perusahaan.
2.12. Konsumen
Relationship CRM
Konsumen Relationship System (CRS)
meliputi aspek-aspek perusahaan yang berurusan dengan pelanggan ditangani oleh
Konsumen Negeri dan Customer Relations kontak pusat dalam sebuah perusahaan.
[1] Perwakilan dalam menangani terikat anonim kontak dari konsumen dan
pelanggan. Peringatan dini dapat dikeluarkan tentang produk isu (misalnya
barang recalls) dan sentimen konsumen saat ini dapat dilacak (suara pelanggan).
2.13. Pengertian ERP
Enterprise Resource Planning
(ERP) atau Perencanaan sumber daya. Perusahaan adalah suatu sistem perusahaan
yang bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan
mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu
perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi,
keuangan, dan fungsi sumber daya manusia. ERP juga merupakan sebuah software
yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam
satu sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari
departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan. Sistem ERP juga mempunyai
syarat penting untuk menjalanjan fungsinya, yaitu Integrasi. Integrasi yang
dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu
logical database, sehingga memudahkan semua departemen sharing informasi atau
berbagi informasi dan berkomunikasi dengan departemen lainnya. Dari database
yang terintegrasi memungkin semua departemen untuk menyimpan atau mengambil
data secara real-time dan bersamaan. System ERP memiliki tujuan yaitu untuk mengkoordinasikan bisnis
organisasi secara keseluruhan, adapun peran ERP dalam suatu organisasi sebagai
berikut :
1. Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis
2. Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui
enterprise.
3. Menghasilkan informasi yang real-time.
4. Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan
perencanaan.
2.14. Konsep dasar ERP
2.15. Evolusi
Sistem ERP
2.16. Tahapan
Evolusi ERP
Tahap I : Material Requirement
Planning (MRP). Merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan
kebutuhan material.
Tahap II : Close-Loop MRP. Merupakan
sederetan fungsi dan tdk hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu
penyesuaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau di
ganti jika diperlukan.
Tahap III : MRP-II. Merupakan
pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan
penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan
yang diperlukan
Tahao IV : ERP. Merupakan perluasan
dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi
keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga
perusahaan dengan dilakukan secara mudah.
Tahap V : Extended ERP (ERP II).
Merupakan perkembangan dari ERP yang diluncurkan thn 2000, serta lebih komplek
dari ERP sebelumnya.
2.17. Integrasi ERP dalam organisasi
2.18. Manfaat ERP
Berikut ini adalah sebagian kecil manfaat dengan
diaplikasikannya ERP bagi perusahaan:
1.
Integrasi data keuangan
Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management
bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
2. Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan
proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan
produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.
3. Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan
data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan
besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis
bisnis yg berbeda-beda.
2.19. Implementasi ERP
•
Implementasi
ERP tergantung pada ukuran bisnis, ruang lingkup dari perubahan dan peran serta
pelanggan
•
Perusahaan
membutuhkan jasa konsultasi, kustomisasi dan jasa pendukung
•
Migrasi
data adalah salah satu aktifitas terpenting dalam menentukan kesuksesan dari
implementasi ERP
•
Masih
disayangkan, migrasi data nerupakan aktifitas terakhir sebelum fase produksi
2.20. Keberhasilan dalam implementasi
ERP
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
CRM adalah salah satu alat yang dapat
digunakan untuk memenangkan konsumen. Tidak hanya terbatas pada aplikasi di
bidang Teknologi Informasi saja, tapi juga sampai pada bidang pemasaran.
ERP adalah sebuah sistem informasi
perusahaan yg dirancang utk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan
aktifitas yang diperlukan utk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada
umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
DAFTAR PUSTAKA
- Malthouse, Edward C; Bobby J Calder (2005). “Relationship Branding and CRM”. in Alice Tybout and Tim Calkins. Kellogg on Branding. Wiley. pp. 150–168.
- Rigby, Darrell K.; Frederick F. Reichheld, Phil Schefter (2002). “Avoid the four perils of CRM”. Harvard Business Review 80 (2): 101–109.
- Paul H. Selden (April/May 1996). “SFA Myths Abound“. Sales and Marketing Strategies & News 6 (3): 51 and 53.
- Paul H. Selden (November 2000). “The Power of Quality Thinking In Sales and Management“. Quality Progress: 58-64.
- Bligh, Philip; Douglas Turk (2004). CRM unplugged – releasing CRM’s strategic value. Hoboken: John Wiley & Sons. ISBN 0-471-48304-4.
- Paul H. Selden (1997). Sales Process Engineering: A Personal Workshop. Milwaukee, WI: ASQ Quality Press. p. 23.
Artikelnya sangat lengkap dan pemakaian kalimatnya gampang dimengerti, terima kasih sudah berbagi.
BalasHapusJual Skype For Business
Jual Microsoft Dynamics CRM Online
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan
How Lemeridian funding service grant me a loan!!!
BalasHapusHello everyone, I'm Lea Paige Matteo from Zurich Switzerland and want to use this medium to express gratitude to lemeridian funding service for fulfilling his promise by granting me a loan, I was stuck in a financial situation and needed to refinance and pay my bills as well as start up a Business. I tried seeking for loans from various loan firms both private and corporate organisations but never succeeded and most banks declined my credit request. But as God would have it, I was introduced by a friend named Lisa Rice to Le_meridian funding service and undergone the due process of obtaining a loan from the company, to my greatest surprise within 48hrs just like my friend Lisa, I was also granted a loan of $216,000.00 So my advise to everyone who desires a loan, "if you must contact any firm with reference to securing a loan online with low interest rate of 1.9% and better repayment plans/schedule, please contact Le_meridian funding service. Besides, he doesn't know that am doing this but due to the joy in me, I'm so happy and wish to let people know more about this great company whom truly give out loans, it is my prayer that GOD should bless them more as they put smiles on peoples faces. You can contact them via email on {lfdsloans@lemeridianfds.com Or lfdsloans@outlook.com} or Text through Whatsapp +1-989 394 3740.
terima kasih kak untuk infonya tentang crm yang memang perlu banyak untuk orang ketahui soal pentingnya menjaga hubungan dengan para pelanggannya
BalasHapus