Senin, 30 September 2013

Arsitektur Komputer dengan Kognisi manusia

            Terdapat beberapa contoh dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi dan perangkat lunak aplikasinya dalam bidang teknik komputer.
Definisi dari arsitektur komputer sendiri adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). (Wikipedia)

Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme.  Aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program.  (Aldino,2009) 


 

Alat pengolah data bisa digolongkan ke dalam 4 kelompok besar:

1.  Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia

2.  Peralatan Mekanik:  yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang  digerakkan dengan tangan secara manual

3.  Peralatan Mekanik  Elektronik:  Peralatan mekanik yang  digerakkan  oleh secara otomatis oleh motor elektronik

4.  Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Arsitektur komputer dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

a) Set intruksi (ISA)

didefinisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram. Secara umum, ISA ini mencakup jenis data yang didukung, jenis instruksi yang dipakai, jenis register, mode pengalamatan, arsitektur memori, penanganan interupsi, eksepsi dan operasi I/O eksternalnya

 b) Arsitektur mikro dari ISA, dan

  c) Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer

Menurut Jimmy Goal (2008) Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini. komputer memiliki susunan beberapa perangkat sebagai penggerak dan sering dikatakan sebagai penggerak dan sering dikatakan sebagai suatu skema computer. Unit – unit perangkat yang menyusun anatara lain seperti :

a)      Perangkat keras (hardware)

Perangkat ini berbentuk mesin pemutar disket, mesin pemutar hard disk, motherboard yang disimpan dalam CPU. Contoh

b)      CPU (central processing unit pengolahan pusat)

Perangkat ini mengendalikan semua unit sistem yang ada dikomputer seperti : monitor, perangkat keras,ataupun perangkat lunaknya.




c)      Perangkat lunak (software)

Jenis perangkat ini berfungsi untuk menjalankan semua perangkat yang ada, baik itu diperangkat keras, maupun di CPU. Perangkat ini berbentuk seperti program wimdows, linux, unix, Microsoft, autocad dsb



Menurut Fauzi (2011) terdapat  kualitas arsitektur komputer seperti :

1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.

2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.

3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.

4. Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.

5. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.

6. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.

Kognisi itu sendiri adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Dan proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. . (Wikipedia)

Sesuatu dipercaya dapat mempengaruhi sikap kemudian mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka terhadap sesuatu (Purwanto, 2010)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (online) (Amirullah,2012) Kognisi memiliki beberapa pengertian seperti :

(1) kegiatan atau proses memperoleh pengetahuan (termasuk kesadaran, perasaan, dsb) atau usaha mengenali sesuatu melalui pengalaman sendiri,

(2) proses, pengenalan, dan penafsiran lingkungan oleh seseorang, 

(3) hasil pemerolehan pengetahuan

Terdapat beberapa asumsi proses kognisi yaitu :

a)      Proses kognisi cenderung lebih aktif dari pada padif. Contoh rasa penasaran atau rasa ingin tahu manusia mengenai sesuatu

b)      Proses kognisi berlangsung sangat efisien dan akurat, sebab kesalahan pada manusia lebih disebabkan ketidaktepatan dalam menggunakan strategi bukan karena kapasitas otak memori.

c)      Proses kognisi cenderung dipengaruhi oleh emosi seseorang, karena hanya emosilah satu – satunya cara yang bias menghalangi proses kognisi terjadi. Contohnya ketika seseorang mengalami stress dan cenderung tidak berpikir.

Berdasarkan uraian diatas arsitektur komputer yaitu suatu komponen dalam perangkat keras yang memiliki susunan beberapa perangkat sebagai penggerak dan sering dikatakan sebagai suatu skema computer untuk menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional sedangkan kognisi merupakan usaha untuk memperoleh sesuatu dengan cara mengamati dan kemudian menafsirkannya dengan menggunakan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar