Definisi dari arsitektur komputer sendiri adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). (Wikipedia)
Arsitektur
Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer
yang terkait dengan seorang programmer.
contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme. Aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program. (Aldino,2009)
contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme. Aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program. (Aldino,2009)
Alat pengolah data bisa
digolongkan ke dalam 4 kelompok besar:
1. Peralatan manual: yaitu
peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu
peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan
secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis
oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan
yang bekerjanya secara elektronik penuh
Arsitektur komputer dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak
mengandung 3 sub-kategori:
a) Set intruksi (ISA)
didefinisikan sebagai suatu
aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram. Secara
umum, ISA ini mencakup jenis data yang didukung, jenis instruksi yang dipakai, jenis register, mode pengalamatan, arsitektur memori,
penanganan interupsi, eksepsi dan operasi I/O eksternalnya
b) Arsitektur mikro dari ISA, dan
c) Sistem desain dari seluruh komponen dalam
perangkat keras komputer
Menurut Jimmy Goal
(2008) Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini. komputer
memiliki susunan beberapa perangkat sebagai penggerak dan sering dikatakan
sebagai penggerak dan sering dikatakan sebagai suatu skema computer. Unit –
unit perangkat yang menyusun anatara lain seperti :
a) Perangkat
keras (hardware)
Perangkat
ini berbentuk mesin pemutar disket, mesin pemutar hard disk, motherboard yang
disimpan dalam CPU. Contoh
b) CPU
(central processing unit pengolahan pusat)
Perangkat
ini mengendalikan semua unit sistem yang ada dikomputer seperti : monitor,
perangkat keras,ataupun perangkat lunaknya.
c) Perangkat
lunak (software)
Jenis
perangkat ini berfungsi untuk menjalankan semua perangkat yang ada, baik itu
diperangkat keras, maupun di CPU. Perangkat ini berbentuk seperti program
wimdows, linux, unix, Microsoft, autocad dsb
Menurut Fauzi (2011) terdapat kualitas arsitektur komputer seperti :
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang
bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur
untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam
komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran
kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software
untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya.
Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan
erat dengan generalitas.
5. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi
perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu)
dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit
untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi
perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran
memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang
berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.
Kognisi itu sendiri adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang
didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Dan proses yang
dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui
aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan
berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. . (Wikipedia)
Sesuatu dipercaya dapat
mempengaruhi sikap kemudian mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka terhadap
sesuatu (Purwanto, 2010)
Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia (online) (Amirullah,2012) Kognisi memiliki beberapa pengertian
seperti :
(1) kegiatan atau proses memperoleh pengetahuan
(termasuk kesadaran, perasaan, dsb) atau usaha mengenali sesuatu melalui
pengalaman sendiri,
(2) proses, pengenalan,
dan penafsiran lingkungan oleh seseorang,
(3) hasil pemerolehan
pengetahuan
Terdapat beberapa asumsi proses kognisi yaitu :
a)
Proses kognisi
cenderung lebih aktif dari pada padif. Contoh rasa penasaran atau rasa ingin
tahu manusia mengenai sesuatu
b)
Proses kognisi
berlangsung sangat efisien dan akurat, sebab kesalahan pada manusia lebih
disebabkan ketidaktepatan dalam menggunakan strategi bukan karena kapasitas
otak memori.
c)
Proses kognisi
cenderung dipengaruhi oleh emosi seseorang, karena hanya emosilah satu –
satunya cara yang bias menghalangi proses kognisi terjadi. Contohnya ketika
seseorang mengalami stress dan cenderung tidak berpikir.
Berdasarkan uraian diatas arsitektur komputer yaitu suatu komponen
dalam perangkat keras yang memiliki susunan beberapa perangkat sebagai
penggerak dan sering dikatakan sebagai suatu skema computer untuk menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional sedangkan
kognisi merupakan usaha untuk memperoleh sesuatu dengan cara mengamati dan
kemudian menafsirkannya dengan menggunakan pengetahuan yang sudah ada
sebelumnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar